Rick’s Report – North Korean

Mei 14, 2008

Demi Foto “Pemimpin” Korbankan Keluarga

Filed under: Weekly News — rickynorthkorean @ 10:40 am

Warga Korea Utara mengorbankan anggota keluarganya, termasuk anak kandungnya, demi menyelamatkan foto mantan pemimpin atau pemimpin mereka, ketika banjir besar melanda negara itu bulan lalu.

 

“Perhatian sebagian orang langsung tertuju untuk menyelamatkan foto mendiang Presiden Kim Il-Sung dan pemimpin Kim Jong-Il daripada menyelamatkan keluarganya,” kata kantor berita pemerintah KCNA hari Jumat dengan nada menyetujui sikap itu.

 

Kantor berita itu menyebutkan, seorang petani di kawasan Pyongyang kehilangan istri dan anaknya akibat longsor, namun dia berhasil menyelamatkan foto-foto tersebut.

 

“Seorang pekerja pabrik makanan di kawasan Ichon dengan teguh memegang foto-foto itu saat banjir, meski anak perempuannya, yang berumur lima tahun, lepas dari punggungnya,” kata kantor berita tersebut.

 

Sejumlah mayat ditemukan dalam keadaan memeluk foto-foto itu, kata KCNA dalam berita berjudul ‘Semangat Mempertahankan Pemimpin dengan Nyawa Ditunjukkan di Wilayah Banjir’.

 

“Setelah banjir surut, mayat digali dari endapan lumpur. Di dada mereka ditemukan foto terbungkus kertas vinyl untuk mencegah foto itu terkena air,” kata KCNA.

 

Sekitar seribu keluarga di Hoeyang, kira-kira 120 kilometer arah timur Pyongyang, menyaksikan rumah mereka disapu banjir pada 9 Agustus, namun foto kedua tokoh tersebut lebih dulu diselamatkan.

 

Banyak orang tanpa ragu bergegas masuk bangunan umum dan rumah untuk menyelamatkan foto tersebut, karena tahu bangunan itu akan segera remuk, kata kantor berita tersebut.

 

Foto Kim Jong-Il ada di rumah, kantor, bangunan umum dan digantung bersama foto tokoh pemimpin pertama Korea Utara Kim Il-Sung, yang meninggal pada 1994, namun menjadi presiden ‘abadi’.

 

Warga merusak foto itu dapat dikenai hukuman berat, meski dilakukan tanpa sengaja. Media resmi mengemukakan lebih dari 600 orang tewas atau hilang akibat banjir itu, yang menghancurkan rumah 240 ribu keluarga.

 

Kementerian pertanian Korea Utara menyebutkan, seperlima panen padi di negara itu rusak akibat banjir tersebut.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: